Atlas Hutan Indonesia merupakan salah satu bentuk upaya Forest Watch Indonesia dalam rangka mewujudkan transparansi data dan informasi sektor Kehutanan. Dalam atlas ini dipaparkan mengenai kondisi hutan Indonesia meliputi sebaran hutan dan non hutan, deforestasi, pengalokasian hutan melalui HPH, HTI dan Perkebunan serta ditampilkan juga sebaran kawasan konservasi seluruh Indonesia yang ditampilkan per propinsi.

Atlas ini dilengkapi dengan data luasan, sehingga bisa diperoleh gambaran seberapa luaskah hutan yang ada sekarang, berapa banyak luas hutan yang terdegradasi/deforestasi serta luas areal yang dialokasikan untuk kepentingan pengelolaan hutan melalui Hak Pengusahaan Hutan, Hutan Tanaman Industri dan Perkebunan.

Data-data yang ada dalam Atlas ini sebagian besar diperoleh dari sumber resmi pemerintah (Departemen Kehutanan) yang diupayakan adalah data terbaru. Namun tidak semua data merupakan data terbaru mengingat keterbatasan data yang ada serta akses untuk mendapatkan data itu sendiri yang masih cukup sulit. Dengan data yang ada ini diharapkan menjadi bahan diskusi , sehingga kekurangan-kekurangan yang ada selama ini dalam data tersebut dapat diperbaiki.

Agar Atlas ini menjadi lebih baik, diharapkan masukan dari semua pihak, sehingga di masa mendatang Indonesia mempunyai gambaran nyata mengenai keadaan hutan Indonesia.

Catatan Penerbit:

  • Publikasi ini terbuka untuk digandakan dan disebarluaskan sepanjang tidak untuk diperdagangkan.
  • Atlas Huan Indonesia diterbitkan atas kerjasama Forest Watch Indonesia dengan NRM/EPIQ Program USAID, tahun 2004.

 

Metodologi
Silahkan unduh pada tautan dibawah ini.

Add Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email

Good Forest Governance Needs Good Forest Information.
Using and sharing site content | RSS / Web Feeds

Photos and graphics © FWI or used with permission. Text available under a Creative Commons licence.

© Copyright 2020 FWI. All Rights Reserved.

to top